Wednesday, December 2, 2009

Wajah Lama Dominasi MUI Jateng: Habib Lutfi-Ahmad Rofiq Terpilih Lagi

SM - Senin, 27 Februari 2006
SEMARANG - KH Habib Lutfi bin Ali Yahya dan Prof Dr H Ahmad Rofiq MA terpilih kembali menjadi Ketua Umum dan Sekretaris Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa Tengah periode 2005-2010.
Pengasuh Pondok Pesantren Al-Hikmah Benda, Sirampog, Bumiayu, Brebes, KH Masruri Mughni, yang semula juga dijagokan, menyatakan tidak bersedia karena berkonsentrasi sebagai Rois Syuriyah PWNU Jateng. Habib Lutfi sebelumnya menjadi ketua umum antarwaktu menggantikan KH M Amin Sholeh yang meninggal dunia.
Pemilihan dilakukan oleh tim formatur dalam Musda VII di Masjid Agung Jawa Tengah, Minggu kemarin. Tim formatur terdiri atas Kakanwil Depag Drs H Masyhudi MM (Ketua Dewan Penasihat), KH Habib Lutfi bin Ali Yahya (Ketua Umum lama), dan Drs KH Ahmad Darodji MSi (unsur panitia pengarah).
KH Abdul Mujib Sholeh (Karesidenan Pati), KH Habibullah Idris (Kedu), Drs KH Abdul Karim Assalawi (Karesidenan Semarang), KH Khoiruddin (Karesidenan Banyumas), KH Habib Ihsanuddin (Surakarta), dan KH Humaidi (Pekalongan).
''Di MUI memang berbeda dari ormas atau partai politik. Kalau di ormas atau parpol pada rebutan jabatan, kalau di MUI rebutan tidak bersedia dengan alasan kemampuan. Semangat inilah yang menyebabkan ukhuwah tetap terjalin dengan baik, tidak pernah ada masalah ketika menyusun pengurus,'' tutur Drs H Noor Achmad MA, Rektor Universitas Wahid Hasyim Semarang, yang menjadi peserta musda.
Dari 17 orang pengurus harian yang terpilih sebagian besar adalah wajah lama. Yang baru antara lain Drs Marpuji Ali (Ketua PW Muhammadiyah Jateng), KH Habibullah Idris (Wonosobo), Drs H Ibnu Djarir dan Dr H Abu Hapsin Umar MA di jajaran ketua.
Di jajaran sekretaris hanya satu wajah baru, yaitu Drs H Suroso MSi (Kabid Urusan Haji Kanwil Depag Jateng), sedangkan di jajaran bendahara masuknya Pengusaha Tailor Eka Karya dan pengusaha Tionghoa Muslim H Gautama Setiadi memperkuat bendahara umum yang dipegang bos CV Aneka Ilmu H Suwanto SE MM.
Wagub Ali Mufiz mewakili Gubernur ketika menutup musda mengingatkan arti penting lembaga tersebut dalam membangun khaira ummah. (B13,mhr-60t)

No comments:

Post a Comment

Post a Comment