Wednesday, December 2, 2009

Ijma’ Ulama Aceh: Tarekat Naqsabandiyah Kadirun Yahya Sesat

Serambi Indonesia 26 May 2009

IDI - Hasil kesepakatan ulama (ijma’) Aceh menyatakan bahwa Tarekat Naqsabandiyah yang diajarkan oleh Kadirun Yahya sesat dan menyesatkan. Karena itu, kepada pengikut tarekat itu diminta segera bertaubat dan kembali ke jalan yang benar sesuai dengan aliran ahli sunnah wal jama’ah.

Hal itu disampaikan Abuya Muhibuddin Waly usai menggelar musyawarah akbar terbuka dengan para ulama dari MUNA, HUDA dan MPU Kecamatan Darul Aman, di Halaman Masjid Besar Baitul Muttaqin, Idi Cut, Aceh Timur, Minggu (24/5) terkait dengan mulai beredarnya tarekat naqsabandiyah tersebut di kawasan Idi Cut dan Julok, Aceh Timur.

“Setelah meneliti, mengkaji, dan mempertimbangkan, serta merujuk kepada alquran serta hadis, maka Tarekat Naqsabandiyah yang mursyidnya Kadirun Yahya kami nyatakan tidak sesuai dengan aliran ahli sunnah wal jama’ah,” demikian antara lain fatwa yang dibacakan oleh Abuya Muhibuddin Waly.

Sebelum diputuskan sesat terhadap tarekat tersebut, di hadapan ribuan umat Islam, Abuya Muhibuddin Waly terlebih dahulu juga mendengarkan beberapa keterangan saksi terkait tarekat tersebut. Diantara para teungku dayah yang meneliti tarekat itu juga menyebutkan, di dalam tarekat itu diajarkan bahwa ayat al-quran dapat menghidupkan orang yang telah mati, dan juga meyakini roh orang mati itu terkatung-katung di antara langit dan bumi.

“Selain itu juga dianjurkan dalam tarekat tersebut, bagi siapapun yang telah suluk pada tempat yang telah ditentukan, umat Islam itu tidak lagi diwajibkan shalat Jumat selama-lamanya,” kata Tgk Burhanuddin, Pimpinan Pondok Pesantren Malikul Saleh Buket Kawat, Idi Cut. Kepada Abuya, Tgk Burhanuddin menanyakan tentang kebenaran ajaran itu. Dengan spontan Abuya menjawab bahwa itu semuanya bohong dan sesat lagi menyesatkan. Tgk Burhanuddin juga mengatakan, ia selama ini telah berhasil mengumpulkan sejumlah fotocopy buku-buku yang menjadi rujukan pengikut Tarekat Naqsyabandiyah Kadirun Yahya.

Bahkan di dalam tarekat itu juga diajarkan, bagi orang yang belum mencukupi biaya untuk naik haji dianjurkan untuk pergi ke sebuah tempat dulu. “Apakah benar seperti itu. Adakah dalam al-quran dan hadis disebut seperti itu,” tanya Tgk Burhanuddin yang disambut ucapan astagfirullah oleh ribuan pengunjung.

Ditengah-tengah musyawarah akbar terbuka itu, pihak Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Kecamatan Darul Aman, Kabupaten Aceh Timur juga menghadirkan salah satu pengikut Tarekat Naqsyabandyah Kadirun Yahya. Ia adalah Tgk MKyang menjadi seorang pimpinan pesantren di Kecamatan Idi Cut. Namun dalam sebulan terakhir ratusan santrinya berangsur hilang, karena Tgk MZ dianggap telah menyimpang dari ajaran Islam.

Dalam kesempatan itu, Tgk MZ juga diberikan kesempatan untuk menjelaskan segala tuduhan yang dialamtkan kepadanya. Bahkan, Tgk MZ menyatakan siap bersumpah atas nama Allah SWT bahwa ia tidak pernah mengamalkan tarekat yang menyimpang dari ajaran Islam. Namun ia juga tidak membantah ketika disampaikannya amalan yang berkembang di bawah pimpinannya banyak yang salah. “Saya siap bertaubat jika apa yang selama ini saya pelajari itu menyimpang dari kemurnian Islam itu sendiri,” kata Tgk MZ. Seperti diketahui, Almarhum Kadirun Yahya yang berdomisili di Sumatera Utara mengajarkan tarekat naqsabandiyah. Banyak orang yang belajar dan mengamalkan ajaran ini, termasuk dari Aceh.

Selain itu, Abuya juga menyebutkan, tidak sedikit tarekat yang diamalkan oleh sekelompok orang yang mengganggap itu dibenarkan oleh agama. Ia mencontohkan, akidah salek buta. Menurut Abuya, itu adalah penyakit yang amat membahayakan, karena itu harus dibinasakan dari Aceh dan pengikutnya segera bertaubat dengan taubat nasuha.

Abuya juga berharap, agar umat Islam di seluruh Aceh untuk bersatupadu dalam aliran ahli sunnah wal jamaah dengan Mazhab Imam Syafi’i. “Jangan pernah berniat memecah belah umat Islam, karena itu mari kita bersatu menjaga kemurnian Islam itu sebaik-baiknya,” harap Abuya Muhibuddin Waly. (yuh)

66 comments:

  1. Bagi yang ingin lebih banyak membaca artikel Allahyarham Prof.Dr.H.Sayyidi Syekh Kadirun Yahya silahkan berkunjung ke http://ayahanda-guru.blogspot.com
    Terima Kasih
    -Mukhlis Malik-

    ReplyDelete
  2. siapa bilang yang udah suluk disalah satu tempat tersebut menjadi tidak wajib sholat jum'at? dan bahkan setau saya tarekat Sayyidi Syeikh Kadirun Yahya dengan salah satu tarekat serumpun yang sama dengan salah-satu Mursyid ternama di Aceh :) Wassalam..

    ReplyDelete
  3. sesungguhnya anda tidak paham apa pun tentang tarekat

    ReplyDelete
  4. “Hai orang-orang yang beriman, apabila orang-orang fasiq datang membawa berita kepadamu, maka periksalah lebih dahulu dengan seksama. Supaya jangan sampai mencelakakan orang lain, tanpa mengetahui keadaanya, Sehingga kamu menyesal akan kecerobohanmu itu “
    (Al Hujurat Ayat 6)

    “Hai orang-orang beriman! Janganlah hendaknya satu kaum mencela kaum yang lain, dengan bentuk apapun. Boleh jadi mereka yang dicela, lebih baik dari mereka yang mencela.”
    “Hai orang-orang beriman! Jauhilah kebanyakan prasangka buruk. Sesungguhnya sebagian prasangka buruk itu, adalah dosa. Janganlah mencari-cari kesalahan orang lain”
    (Al-Hujurat ayat 11-12)

    ReplyDelete
  5. Radionu Solo http://www.4shared.com/mp3/dfit5YQv/PITUTUR_LUHUR_-_PARSONO_AGUS_W.htm?aff=7637829

    ReplyDelete
  6. mulutmu harimau mu fitnah lebih kejam drpd membunuh tunggu saja ahzab yg akan dtg padamu krn fitnah bohong yg kau sebarkan jika kau syirik jgn lewat blog....dengan dusta yg kau sebarkan jelas" kebohongan yg dtg dr mulutmu

    ReplyDelete
  7. mungkin alam pemahaman baru pai situ z

    ReplyDelete
  8. Jangan hanya memandang lalu memberi kesimpulan, bertaubat yang d maksud itu bertaubat yang seperti apa? Apakah orang yang mengatakan sesat itu benar-benar tau tentang hakikat islam yang sesungguhnya? Atau hanya islam keturunana?

    ReplyDelete
  9. yg merasakan bagaimana nikmatnya mabok ganja Aceh, hanya syah bila kata2 dikeluarkan oleh para pengisap ganja.. kalau kiayi ga merokok ga pernah ngisap ganja jangan komentar.. karena anda pasti bohong..
    yang merasakan dahsyatnya ombak tsunami itu cuma orang Aceh yg selamat dari bencana, kalau orang Aceh yang jauh dari bencana gak merasakan, kalau dia tahu pasti karena nonton tv, kalau dia komentar pasti bohong..
    Begitu juga yang tau apa itu tareqat, hanya orang-orang tariqat/tasauf .. diluar orang2 tarikat/tasauf pasti komentarnya bohong.

    ReplyDelete
    Replies
    1. tapi bila yang komentar itu juga orang tarekat/tasauf?? apa iya sech? perlu dipertanyakan..masa jeruk makan jeruk??

      Delete
  10. Assalamualaikum wr.wb
    Saudaraku muslim yang berbahagia
    Apakah anda tau bahwa ajaran islam itu ada 3 hal pokok? Yaitu Islam,Iman dan Ihsan. Secara umum islam dan iman bisa didapatkan dan dirasakan setelah memasuki agama islam dan menjalani perintah Allah. Dan supaya bisa mendapatkan dan merasakan ihsan kita harus bertarekat. Dan anda tau bahwa silsilah tarekat naqsyabandiyah pimpinan mursyid kadirun yahya tu sampai ke Baginda Rasullah melalui silsilah pertama yaitu sahabat rasullah Abu bakar as sidiq yang terkenal akan sidiqnya. Sekia
    Semoga saudara yang telah mencela atau mencaci maki tarekat naqsyabandiyah pimpinan mursyid kadirun yahya bisa mendapatkan hidayah dari ALLAH SWT
    Wassalamu'alaikum wr.wb.

    ReplyDelete
  11. Anda cuman asal ngejeplak saja........saudara2 semua....menurut saya kita jangan terlalu banyak berpikir ini da itunya....karena Allah maha tahu segalanya dan kita hanya tahu sebatas yang diberikan sama Allah....
    Yang penting apapun itu asal kan itu tidak melanggar larangaNya dan hanya di niatkan ibadah kepadaNya.....itu sudah jeempool.

    ReplyDelete
  12. Komentar2 diatas semua benar menurut saya....dan anda yang menulis blog ini .... mohon segera di luruskan......kalo tidak diluruskan,,,,ya.....
    ditunggu saja, dan silahkan dirasakan perjalanan hidup anda (penulis blog ini) akan semakin amburadul ...semakin amburadul...semakin amburadul....

    ReplyDelete
  13. Cek dl Islam, Iman, dan Ihsan qt, br menilai org lain, apalagi yg dinilai itu seorang ULAMA BESAR, seorang KEKASIH ALLAH. Jangan kalian zalimi kekasih-NYA bila kalian tidak ingin azab-NYA turun kepada kalian. INGAT ITU !!!!!!!

    ReplyDelete
  14. Astagfirullah Hal Adzim
    Sesungguhnya Kalian Dalam Kesesatan Dengan Memfitnah Ajaran Tarekat Naqsabandiyah Kadirun Yahya Yang Kalian Tidak Tau Isi Ajaran Tersebut..
    Semoga Allah memberi Hidayah Kepada Kalian Agar Kalian Dibukakan Pintu Taubat Atas Fitnah Ajaran Tarekat Naqsabandiyah Kadirun Yahya..
    Fitnah Kalian Sangat Kejam Dan Tidak Ada Kebenaran Sama Sekali Dengan Menyalahkan Dalam Ajaran Tarekat Naqsabandiyah Kadirun Yahya Tersebut..
    Astagfirullah Hal Adzim

    ReplyDelete
    Replies
    1. tolong sampaikan kepada kami, bagaimana tariqad qadirun yahya sebenarnya, sehingga kalian menuduh orang lain tak faham tariqad. apa yang tertulis dalam blog ini adalah benar. pada waktu itu saya hadir. Mursyid Naqsyabandiyah Al Walyah Prof. DR. Tgk. Muhibbuddin Waly menyatakan sesat menyesatkan Tariqad Naqsyabandiyah Qadirun Yahya. dan ada fakta lain kesesatan tariqat tersebut

      Delete
    2. Hati2 dengan ucpan... Dyahsat bakalan datang di kehidupan kita sehari2...

      Delete
  15. Jgn terlalu melebih-lebihkan, krn itu prbuatan syetan. Dan syetan akan senantiasa menggoda kita dgn segala cara. Tdk trkecuali cara beribadah. Allah Maha Tahu, sehingga kpdnyalh kita kmbalikan prmasalahan ini. Mna yg benar semoga Allah merahmatinya, kemudian yg slh Semoga Allah menunjukkn hidayahnya. Tugas kita hanyalh saling ingat mengingatkn dlm Islam. Krn surga dan neraka itu haq, siksa kubur dan nikmat kubur itu haq, hari pembalasan itu haq, mati itu haq, dan Al-Quran dan hadits sbg penuntun kita itu haq. Tinggal pilih dan jalani saja!

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
    2. saudara tidak tau tarekat mkanya saudara tidak tau siapa salah dan benar...hedeuuuh payah asal komen aj

      Delete
  16. Apa yg manusia lakukan terutama yg menyangkut ibadah maka semuanya nanti akan ditanyai di akhirat dan masing masing umat atau kaum nanti ada saksi yaitu Nabi dari kaum masing masing dan Nabi Muhammad SAW bagi umat islam. Jadi berhati hati dalam ibadah karena nabi akan ditanyai oleh Allah di akhirat nanti,tentang perihal ibadah ibadah yg di aplikasikan di lapangan oleh tiap tiap manusia.

    ReplyDelete
  17. yang nulis blog ini hidupnya pasti susah....liat aja....

    ReplyDelete
  18. Assalamualaikum.wr.wb....kalo saya melihat dan menilai sepertinya ada pihak yang tidak bertanggung jawab sedang mengadu domba ajaran dan keyakinan kita didalam islam...memecah belah persaudaraan umat islam,marilah kita bersatu dengan kalimah Lailahailallah, Allahuakbar.....

    ReplyDelete
  19. Assalamualaikum.wr.wb....kalo saya melihat dan menilai sepertinya ada pihak yang tidak bertanggung jawab sedang mengadu domba ajaran dan keyakinan kita didalam islam...memecah belah persaudaraan umat islam,marilah kita bersatu dengan kalimah Lailahailallah, Allahuakbar.....

    ReplyDelete
  20. Assalamualaikum.wr.wb....kalo saya melihat dan menilai sepertinya ada pihak yang tidak bertanggung jawab sedang mengadu domba ajaran dan keyakinan kita didalam islam...memecah belah persaudaraan umat islam,marilah kita bersatu dengan kalimah Lailahailallah, Allahuakbar.....

    ReplyDelete
  21. Saya dulu jema'ah tabligh, ahli mesjid, ahli bid'ah, ahli hadist. Tetapi setelah saya dalami tentang Hakikat Islam yg sejati, ternyata benar bahwa tarekat dan tasawuf lah yg sebenarnya, dan skrg saya jema'ah tarekat naqsyabandiyah..

    ReplyDelete
  22. Janji allah bagi orang yg berzikir...tangannya adalah tanganku..matanya adlh mataku kemarahannya adlh kemarahanku...berhati2lah bicara...

    ReplyDelete
  23. Janji allah bagi orang yg berzikir...tangannya adalah tanganku..matanya adlh mataku kemarahannya adlh kemarahanku...berhati2lah bicara...

    ReplyDelete
  24. Sungguh terlalu manusia ini,bercerita yang tidak ada dasarnya apakah perlu Azap Allah datang kepadamu...kalo belum tau ilmunya jangan lah sembarangan ngomong Pemerintah saja Tidak melarang sudah puluhan tahun lamanya,dan kalo sesat ini sudah lama hancur tapi......kenapa justru malah bertambah berkembang....kasihan sekali kami melihat orang - orang yang menyatakan ini sesat!!!!! justru sebaliknya sesat itu bukan hanya menduakqn Allah ,melainkan sudah jalan terlalu jauh hingga tidak bisa menemukan jalqn pulang juga itu namanya sesat!!!!maka dari itu sebelum terlambat bertaubatlah!!!! Semoga Allah SWT menerima taubatmu.....!!!

    ReplyDelete
  25. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  26. Semoga Allah Mengampuni Dosa kita semua. mari kita berdoa agar kita ditunjukan bahwa yang benar itu benar dan yang salah itu salah, Allah maha pemgampun dan maha bijaksana

    ReplyDelete
  27. assalamualaikum
    kpda saudara maupun saudariku. islam adlh agama yg mudah tpi jgn pernah kta permudah mudahkan
    slama kta masih mempercyai akan esa.a allah n muhammad adlh utusan.a mka kta ini adalah saudra.
    yg perlu di ingat menuju allah itu ada bnyak jlan tinggal kita yg memilih mna jlan yg kta yakini lebih cpat bertemu allah.
    mungkin ini sya smoga kta smua di brikan hidyah kebenara NYA
    amin.
    wassalamualaikum

    ReplyDelete
    Replies
    1. saudara ini asal ngomong...tidak tau jalan menuju allah kok saudara bilang banyak jalan menuju allah...lucu sekali mending gak usah komen saudara gak tau apa2

      Delete
  28. Assalamualaikum...
    Jika Anda tidak mengerti jgn bicara. kalau Anda mau tau tentang thareqat bertanyalah pd orang yang bener2 berthareqat

    ReplyDelete
  29. Perbedaan adalah rahmat. Berbeda boleh, tapi kalau sudah merasa paling benar dan saling mencela, saling menyalahkan,,,inilah yang harus dihindari. Kalau kita tidak tahu tentang thareqat, tanyalah kepada ahlinya... hati-2 mengeluarkan statement,,,

    ReplyDelete
  30. Thariqat Naqsyabandiyah Aceh

    http://thariqatnaqsyabandiyahaceh.blogspot.co.id/2016/11/ulama-yang-dilupakan.html

    ReplyDelete
  31. Abuya Muhibuddin Waly... adalah bukan seorang SUFI dan tidak mengenal Agama islam apalagi mengenal allah swt dan rasulnya ....aduuuuh payah...asal menyesatkan orang....tapi mudahan beliau di kasi petunjuk oleh allah swt agar beliau tau tarekat yang sesungguhnya ...seperti tarikat di bawah pimpinan prof dr ss Kadirun yahya,,,adalah tarikat yang benar

    ReplyDelete
    Replies
    1. kamu ini asal ngomong, menuduh Prof Muhibbuddin waly. yang telah diakui seluruh dunia kealimannya, dengan tak faham tasawuf. ia memiliki 100 sanad tariqah di dunia....

      Delete
  32. Tarekat naqsyabandi adalah aliran tarekat yang didirikan oleh Syekh Abdurrahman Naqsyabandi. Makannya aliran tarekat ini dinamakan Naqsyabandiyah. Seperti pada aliran tarekat lainnya, tarekat naqsyabandi mempunyai sanad (jalur ilmu) yang jelas sampai kepada Syekh Abdurrahman Naqsyabandi bahkan sampai kepada Rasululloh.
    Untuk yang menyesatkan mohon kiranya melakukan penelitian dan penelisikan sanad ilmu dari tarekat naqsyabandi prof dr ss Kadirun yahya. karena setau saya, tarekat naqsyabandi ini adalah tarekat besar yang banyak pengikutnya (mu'tabarroh) sehingga untuk mencari data sanad dari tarekat prof dr ss Kadirun yahya bisa terlacak.
    Dan untuk pengikut prof dr ss Kadirun yahya, mohon ditunjukan sanad ilmu tarekat prof dr ss Kadirun yahya se jelas2nya untuk menutup keraguan terputus atau tidaknya sanad ilmu beliau prof dr ss Kadirun yahya.
    Tarekat di Indonesia banyak dan bermacam - macam. dan lebih banyak orang yang mengaku ber-tarekat akan tetapi tidak faham maksud dan tujuan ber tarekat. Hanya berdzikir ala kadarnya namun mengaku sebagai ahli tarekat (fenomena ini banyak terjadi). apalagi ditambah dengan keadaan ekonomi yang tak menentu, jamaah tarekat besar banyak di tunggangi segelintir untuk kepentingan politik, ekonomi, dsg. karena medan magnet fanatisme tarekat mudah sekali untuk memuluskan tujuan seseorang.
    Alhamdulilah saya mengikuti tarekat Qodiriyah Naqsyabandiyah. Artinya, saya menjalankan tarekat Syekh Abdul Qodir Al Jailani (Qodiriyah) dan Syekh Abdurrahman Naqsyabandi (Naqsyabandiyah). Sebelum ber baiat mursyid saya menjelaskan kepada saya tentang sanad ilmu beliau yang didapat dari guru beliau dan dari guru guru beliau seterusnya. Dan sanad tersebut terdokumentasikan sehingga Insya Allah bisa dipertanggung jawabkan di dunia maupun di akherat kelak.
    Untuk bacaan amalan2 tarekat pada umumnya sama dengan bacaan orang yang tidak bertarekat. Namun, karena ada proses baiat yang sambung menyambung terus menerus ini, amalan bacaan tersebut bisa dipertanggung jawabkan.
    Tarekat adalah urusan hati...
    tarekat memperbaik budi...
    dan
    tarekat bukan untuk jadi orang sakti!

    ReplyDelete
  33. Penghinaan atau fitnah lebih kejam dari pembunuhan...
    1.merusak citra
    2.merysak mental
    3.dll...
    Kita rasakan di kehidupan kita sehari2
    Yg bakalan datang... Ampun nenek tongkat...

    ReplyDelete
  34. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  35. 2004 desember kena tsunami itu karena laknat Allah

    ReplyDelete
  36. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  37. saya ikut tareqat Naqsyabandiyah

    lihat siapa yang kena azab

    ReplyDelete
  38. Wahai saudaraku para alim ulama aceh
    Apakah anda tau cara untuk mrmbuang iblis didlm dirimu?
    Carilah tau bagai man untk membuang iblis dlm dirimu, klu tak maka matimu akan tersesat tak sampai kehadirat Allah swt. Sebgai contoh sudah mengatakan sesat sebelum koreksi sesat itu. Klu kau tau itulah perbuatan iblis yg nyata kamu buat.
    Maka berhati2lah dgn mulutmu. Jgn memperpecah belah unat islam

    ReplyDelete
  39. Di malaysia lun tariqat jenis ini di fatwa sesat dan menyesatkan

    ReplyDelete
  40. Hai saudaraku jgn gampang mengatakan sesat. Tanyakan apakah tarikat kadirun yahya belandaskan alquraan, hadist.ijma ulama atau tdk? Klu mereka tdk berlandaskan al quraan, hadist, ijma ulama, baru bisa kau mengatakan sesat.

    ReplyDelete
  41. Blog ini yg asal2an, menghakimi dan menyesatkan. Pahami dulu ajaran Tarekat Ayahanda Guru dg belajar langsung, sungguh ajaran Beliau benar2 Memuliakan Kalimah Allah dg Nyata dsn Realita. Bukan seperti yg ditulis seperti di atas..

    ReplyDelete
  42. Jangan memfitnah kalu ga tau yg sebenarnya..tarekat ayah guru berdasarkan Al Qur'an dan hadits..

    ReplyDelete
  43. Yaelah ini orang sufi kalo disuruh tunjukin dalil tentang ajaran kadirun yahya bisanya cuma ngeles, gua pengalaman hampir lima tahun kesana terus anterin calon istri gue, dan disana orang nya pada sujud ke kuburan kadirun yahya dan seluruh ibadah harus membayangkan mursyid. KERAS KEPALA MEMANG ORANG SUFI INI JIKA DI AJAK DEBAT TIDAK BISA MEMBALAS PAKE DALIL ALQURAN. orang orang syirik telah dibutakan mata hati nya bahwa yang di lakukan mereka ialah sesat, semoga Allah menyadarkan kalian semua wahai sufi.

    ReplyDelete
  44. Al Fatihah untuk Ayahanda Guru...

    ReplyDelete
  45. TAREQAT INTI PATI DARI PADA ISLAM.... TAREAQAT WAJIB HUKUM NYA.... JANGAN KALIAN TANYA SOAL FIQIH.... FIQIH ITU BERLAKU DI DUNIA.... DI AKHIRAT TIDAK ADA FIQIH.... MAU SELAMAT DUNIA AKHIRAT PERDALAM TAREQAT HAKIKAT MAQRIFAT....!!!! SYURGA HARUS DI SELESAIKAN DI DUNIA.... DI DUNIA MASIH ADA ULAMA MASIH ADA BUYA KENAPA GAK DI PERDALAM TAREQAT.... KALAU GAK ADA LAGI ORANG2 TAREQAT BERDZIKIR DI ATAS DUNIA INI DENGAN MENYEBUT NAMA ALLAH MUNGKIN DUNIA INI SUDAH LAMA KIAMAT....!!!!!

    ReplyDelete
  46. Orang yang mudah bilang sesat biasanya mau menjadi Tuhan..

    ReplyDelete
  47. Seharusnya syekh Muhibbudin Waly tau klu tarekat yg dibawa prof dr Kadirun Yahya adalah tarekat Naqsyabandiyah serumpun artinya tarekat yg diamalkannya adalah sama karena asal sanadnya dari syekh Sulaiman Zuhdi yg merupakan ahli silsilah tarekat Naqsyabandiyah yg ke 32.Kenapa sesama ulama menyesatkan ulama yg lain padahal apa yg dimalkannya tidak ada bedanya.Klu tarekat yg diajarkan Prof Dr Kadirun Yahya itu dituduh sesat itu artinya tarekat Muhibudin Waly JUGA SESAT karena semua mengamalkan hal yg sama.Kalau tarekat prof dr Kadirun Yahya dituduh menyimpang...demi Allah dan Rasulnya itu fitnah yg sangat keji.Apa yg terjadi di Aceh adalah oknum yg kebetulan dia adalah murid prof drKadirun Yahya yg mungkin gagal faham menilai apa itu tarekat tp yg jelas bukan seperti itu yg diajarkan Saidi syekh Kadirun Yahya. Ibarat oknum polisi maling ayam lantas jangan instutitunya yg disalahkan karena instutisunya tk pernah mengajarkan maling ayam.Demikian kasus ini: Jangan menuduh sesat tarekat Prof Dr Kadirun Yahya karena TK pernah mengajarkan apa yg kalian tuduhkan.

    ReplyDelete
  48. Tahun 2002 syekh Muhibbudin Waly berkunjung ke Universitas Panca Budi Medan (yg merupakan sentral tarekat Naqsyabandiyah dibawah pimpinan Saidi Syekh Kadirun Yahya) dalam rangka pertemuan Tarekat Serumpun. Dalam kesempatan itu syekh Muhibbudin Waly mengakui bahwa tarekat Naqsyabandiyah di bawah pimpinan Saidi Syekh Prof Dr Kadirun Yahya adalah tarekat Muktabaroh/diakui ke absahannya.Tapi ketika dikesempatan lain dia menuduh sesat...? Sebenarnya ini bukan akhlak seorang yg katanya wali Mursyid. Karena kriteria seorang wali Mursyid adalah mewarisi sikap dan perilaku Rasulullah. Karena Mursyid adalah Ulama pewaris nabi yg harusnya santun dan rendah hati,bukan menikam dari belakang,menuduh sesat saudaranya sendiri seperti beliau yg saya hormati syekh Muhibbudin Waly...!! Kalau Mursyid tak berakhlak seperti akhlak Rasulullah..? Perlu di pertanyakan lagi kualitas ke Mursyid Anya,apa benar-benar seorang wali Mursyid atau hanya sekedar WALI MURID...? Wallahu a'lam.

    ReplyDelete
  49. Betul bang saya setuju, karna hanya tuhan lah yang memiliki kebenaran.

    ReplyDelete