Thursday, November 26, 2009

Jamaah Tharigot Nahsabandiyah Baru Gelar Shalat Id Besok

Jum'at, 27 November 2009 | 11:24 WIB
TEMPO Interaktif, Jombang - Jamaah Thariqot Nahsabandiyah Khalidiyah, Jombang, Jawa Timur, baru akan menggelar shalat Idul Adha besok, Sabtu (28/11). Demikian dikatakan salah satu pengurus Tharigat yang berpusat di Jombang tersebut, Muatin.
"Hitungan kami, tanggal 1 Dzulhijjah jatuh pada Sabtu besok," kata dia ketika ditemui wartawan di lokasi masjid pusat Jamaah di Dusn Kapas, Desa Dukuh Klopo, Kecamatan Peterongan, Jombang, Jumat (27/11).

Hal itu berdasar perhitungan rukyah yang dilakukan pengurus di beberapa tempat. Otomatis, penentuan tanggal satu Dzulhijjah itu molor satu hari dari tanggal yang ditetapkan pemerintah, yakni hari ini.
Kondisi demikian juga terjadi pada saat penetapan tanggal Idul Adha tahun sebelumnya. Saat itu jamaah Thariqhat ini juga menggelar shalat Id dan penyembelihan hewan kurban, satu hari setelah tanggal ketetapan pemerintah.

Shalat Id dan penyembelihan hewan kurban, kata dia, seperti biasa akan digelar di masjid Baitul Muttaqin. Sejak pagi tadi, kata seorang warga, masjid itu nampak sepi.
Tidak ada aktifitas shalat Id atau semacamnya. Yang ada, hanya nampak beberapa orang tengah sibuk mendirikan terob dan menggelar tikar sebagai persiapan besok."Dari tadi pagi seperti itu," terang seorang warga.

Hingga berita ini diturunkan, sang Mursyid Jamaah, KH. Nasuha Anwar tidak bisa ditemui. Menurut Muatin, mursyid jamaah Thariqot yang beranggotakan jutaan orang tersebut, tengah berangkat haji ke Kota Suci Mekkah.

MUMAHMMAD TAUFIK

No comments:

Post a Comment