Sunday, November 29, 2009

SBY Temui Pimpinan Thoriqoh NU

Senin, 08 Juni 2009 | 18:24 WIB
TEMPO Interaktif, Semarang: Besok pagi, Selasa (9/6), Presiden Susilo Bambang Yudhoyono akan menghadiri acara silaturahmi Jam'iyyah Ahlith Thoriqoh Muktabaroh An-Nahdliyyah (JATMANU) di Hotel Gumaya Tower Semarang, Jawa Tengah. Usai pertemuan itu, SBY akan mengunjungi sejumlah pesantren dan meresmikan kampus baru IKIP PGRI Semarang.
JATMANU merupakan wadah kiai thoriqoh yang bernaung di bawah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama. Menurut Ketua Umum JATMANU, HM Chabib Thoha, hampir seribu kiai dari berbagai provinsi akan menghadiri acara silaturahmi yang digelar dalam rangka Seratus Tahun Kebangkitan Nasional .
Para kiai yang hadir antara lain Habib Lutfi bin Ali Yahya dari Pekalongan, Ketua Umum PBNU KH Sahal Mahfudh (Pati), KH Maemun Zubair (Rembang), KH Mustofa Bisri (Rembang) KH Masruri Mughni (Brebes), KH Munif Zuhri (Girikusumo Mranggen, Demak), KH Abdurrahman Chudlori (Magelang), KH Muslim Rivai Imampuro/Mbah Liem (Klaten).

"SBY hadir dalam kapasitas sebagai Kepala Negara, bukan sebagai calon presiden," kata Chabib, Senin (8/6).

Beberapa pihak menilai, Yudhoyono sengaja meluangkan waktu menghadiri acara ini guna mengimbangi manuver calon presiden Jusuf Kalla yang lebih dulu menyambangi kalangan pesantren.

Namun menurut Sekretaris Partai Demokrat Jewa Tengah, tidak ada agenda kampanye dalam acara tersebut. "Pertemuan itu merupakan bagian relasi yang harus dibangun antara ulama dan umaro," kata Dani.

Usai acara tersebut, Yudhoyono akan mengunjungi Pondok Pesantren Maslakul Huda, Kajen, Margoyoso Pati pimpian KH Sahal Mahfudz, ke Pondok Pesantren Raudlatut Tholibien, Leteh Rembang pimpinan KH Musthofa Bisri (Gus Mus) dan Pondok Pesantren Al-Anwar, Sarang, Rembang pimpinan KH Maemun Zuber.
SOHIRIN

No comments:

Post a Comment